Wednesday, October 27, 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pengertian Individu

Kata “Individu” berasal dari kata “Individuum” artinya “yang tidak terbagi”. Kata tersebut merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.
Pada dasarnya manusia adalah makhluk Sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri ataupun menyendiri. Karena dalam kehidupannya manusia selalu dihadapkan pada kenyataan untuk selalu memenuhi kebutuhannya yang jelas hal tersebut harus ada interaksi antara manusia satu dengan manusia lainnya, karena manusia memiliki naluri untuk berhubungan dengan orang lain. Manusia sebagai makhluk individu bukan berarti manusia yang hidup sendiri tanpa orang lain, tapi manusia sebagai makhluk individu yang dapat diartikan seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas/khusus didalam lingkungan sosialnya melainkan melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah lakuspesifik dirinya. Seorang manusia pastinya akan menyingkirkan sifat keindividuannya apabila dia sedang berinteraksi dengan manusia lainya dalam kelompok. Dalam perkembangannya manusia sebagai makhluk individu selalu berhadapan dengan konflik, karena tingkah lakunya selalu ataupun ada yang bertentangan dengan peranan yang dituntut kelompok atau masyarakat yang dibatasi oleh orang lain.
Pertumbuhan individu pastinya melalui proses perkembangan dan pertumbuhan lahir maupun batin, pertumbuhan ini tujuannya kearah yang lebih maju, lebih dewasa. akan tetapi pertumbuhan itu tergantung dari beberapa faktor . Faktor tersebut adalah :

1) Faktor keturunan dari individu itu sendiri yang di bawanya sejak lahir
2) Faktor lingkungan, di mana tempat seorang individu banyak melakukan interaksi dengan individu lain
3) Faktor pembawan lahir dan juga faktor lingkungan,keduanya merupakan yang paling berperan

Pengertian Keluarga

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil sekaligus merupakan suatu kelompok terkecil dalam masyarakat yang setiap hari melakukan interaksi. keluarga sering disebut Primary Group, karena dalam dari sinilah seorang individu bisa menghasilkan berbagai macam bentuk kepribadian.
Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal oleh seorang individu yang sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan seorang aupun sesudah terjun langsung secara individu kedalam masyarakat.

Fungsi keluarga

Adapun fungsi-fungsi keluarga, yaitu :
1. Funsi biologis
2. Fungsi pemeliharaan
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Keagamaan
5. Fungsi Sosial

Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah suatu kelompok yang memiliki tatatan kehidupan didalam hidupnya berupa norma-norma, adat istiadat yang sama-sama harus ditaati/dipatuhi dalam lingkungannya. Tatanan kehidupan, norma-norma itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki cirri-ciri kehidupan yang khas.

Dalam perkembangan dan pertumbuhannya masyarakat dapat digolongkan menjadi :
1.Masyarakat sederhana, dalam lingkungan masyarakatnya pola pembagian kerja cenderung dibedkan menurut jenis kelamin
2.Masyarakat maju, memilki berbagai aneka ragam kelompok sosial atau lebih dekenal dengan organisasi
3.Masyarakat non industri, pada tingkat ini bisa dibedakan dua kelompok yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder. kelompok primer lebih erat dan lebih akrab dibandingkan kelompok sekunder karena dalam kelompok msekunder pembagian kerjanya berdasarkan kemampuan jadi bisa dibilang ada unsur terpaksa dalam melakukan peranannya
4.Masyarakat industri, contohnya tukang roti, tukang sepatu, tukang dagang, dan lain-lain

Nama : Andre Raditya Pradipta
NPM : 20110728
Kelas : 1KB07

1 comment:

jelutung said...

peran anda sebagai individu dlm kel dan masy dmn ya??tq