Monday, February 21, 2011

Hal-hal yang bia dilakukan dalam upaya menjaga/melestarikan/mempertahankan kebudayaan di Indonesia .

Hal-hal yang bia dilakukan dalam upaya menjaga/melestarikan/mempertahankan kebudayaan di Indonesia .

Akhir - akhir ini banyak sekali masalah yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia baik itu dibidang pendidikan, perekonomian, agama, politik, sosial dan budaya . Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai permasalahan Kebudayaan di Indonesia .

Sebenarnya banyak sekali aneka ragam budaya dan kesenian Bangsa ini tapi keanekaragaman itu tidak dilestarikan ataupun dipertahankan melainkan dibiarkan begitu saja. Hanya orang – orang yang masih peduli dengan budaya bangsa yang tetap ingin budaya/keaslian bangsa itu tetap ada . Mungkin juga ini disebabkan oleh pengaruh budaya luar yang dianggap lebih baik daripada budaya bangsa sendiri ataupun dengan seiringnya waktu dan perkembangan teknologi. Pada saat Bangsa Indonesia tidak memperhatikan kebudayaannya moment tersebut dimanfaatkan oleh Negara lain untuk mengambil kebudayaan bangsa . contohnya saja Malaysia Negara tetangga bangsa Indonesia mengklaim lagu dan alat musik dari daerah di Indonesia. Kalo sudah begitu apa yang bisa dilakukan bangsa Indonesia ? yang bisa dilakukan hanyalah melakukan demo untuk merebutnya kembali . seharusnya kalo tidak ingin itu terjadi kita sebagai rakyat Indonesia berusaha sekuat tenga untuk menjag/melestarikan/ mempertahankan kebudayaan tersebut agar Negara lain tidak seenaknya mengklaim kebudayaan di Indonesia begitu saja. Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga/melestarikan ataupun mempertahankan kebudayaan di Indonesia, misalnya :

1. Memperkenalkan kembali budaya Bangsa Indonesia kepada dunia.

2. Dalam mengadakan kegiatan hiburan, memasukkan unsur kebudayaan, misalnya acara resmi kita gunakan batik, saat pesta pernikahan memakai adat,dan menunjukkan tarian-tarian adat.

3. Di sekolah di adakan jam pelajaran pendidikan kewarganegaraan/pancasila agar siswa bisa mengenal keseluruhan dari Bangsanya. dan

4. Perlunya pembekalan tentang sikap asli orang indonesia yang ramah tamah,tutur kata yang baik, atau bisa di sebut pendidikan moral bangsa Indonesia.

5. Kenali seluruh kebudayaan kita

6. Budayakan kembali kebudayaan tersebut setelah mengenalnya.

Masyarakat kita cenderung hanya bisa berteriak setelah ada masalah seperti setelah ada Negara lain mengklaim budaya kita. Seharusnya kita mampu membuktikan bahwa kita mencintai kebudayaan kita dengan terus meng-eksplore nya, saya yakin DUNIA akan melihatnya dan mengakui bahwa budaya itu asli kepunyaan Bangsa Indonesia.

Itu sebagian cara yang bisa dlakukan menurut saya. Sebenarnya masih banyak lagi yang masih bisa kita lakukan dalam rangka menjaga/melestarikan ataupun mempertahankan kebudayaan di Indonesia.

No comments: